CARA MENGEDIT FOTO MENGGUNAKAN APLIKASI LIGHTROOM

Semakin hari semakin banyak pengguna sosial media, termasuk Instagram. Para selebgram sukses memiliki banyak followers dan menjadi idola banyak orang. Salah satu yang menjadi pusat penasaran banyak orang adalah hasil editing foto yang bagus. akhir-akhir ini memang banyak selebgram yang melakukan edit foto dengan aplikasi lightroom. Foto yang mulanya biasa akan berubah menjadi lebih kece setelah diedit di aplikasi ini.  Aplikasi multimedia yang dikembangkan Adobe ini dinamai Adobe Lightroom. Khususnya untuk mengedit foto baik pada perangkat pc maupun smartphone. Adobe lightroom lebih mudah digunakan dibandingkan dengan adobe photoshop. Karena photoshop hanya difokuskan untuk mengatur pencahayaan saja. 

Tidak hanya terbatas bagi fotografer profesional, orang biasa pun bisa menggunakan adobe lightroom ini untuk edit foto. Filter-filternya yang berbeda dan unik menjadi salah satu kelebihan aplikasi lightroom. Namun bagi pemula, menggunakan adobe lightroom ini memang cukup membingungkan. Berikut ini cara mengedit foto menggunakan adobe lightroom yang bisa anda lakukan bagi pemula. Sebagai berikut:

  • Pertama, anda harus terlebih dahulu mengunduh dan memasang aplikasi adobe lightroom. Melalui google play store, ataupun lewat google. 
  • Kedua tentunya anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Setelah itu email di verifikasi  dan barulah dapat melakukan sign in
  • Kemudian, anda bisa menambahkan item baru seperti album terlebih dahulu. Dengan klik pada bagian new item dan pilih album
  • Lalu isi kolom dengan nama album yang hendak dibuat, kemudian klik ok maka secara otomatis album baru sudah ditambahkan.
  • Selanjutnya tambahkan foto yang akan diedit dengan cara ketuk ikon foto bertanda +. Pilih opsi device untuk menambahkan dari memori internal hp anda. 
  • Pilih foto yang akan diedit, lalu klik add
  • Foto yang telah dipilih akan secara otomatis memuat pada folder all photos. 
  • Pada aplikasi gratis fitur yang dapat digunakan sangat terbatas. Berupa profile, crop, light, auto, effect, optics, detail, dan presets. Tiap fitur memiliki fungsi masing-masing bergantung pada kebutuhan pengguna. 
  • Kemudian anda bisa mengedit foto anda menggunakan fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan anda. Untuk memberikan warna pada foto agar lebih hidup, Anda bisa menggunakan fitur hue, saturation, dan luminance. Sedangkan untuk menambahkan efek segar dan cerah pada foto anda. Mainkan saja pada fitur exposure, contrast, highlights, dan shadows. 
  • Anda juga bisa mencoba membuat preset atau filter sendiri untuk foto anda dan menyimpannya pada aplikasi. Caranya pun sangat mudah, setelah selesai mengedit foto. Cukup klik ikon tiga titik di bagian kanan atas lalu pilih create preset. Untuk lebih mudah lagi anda bisa mencari kumpulan tutorial membuat preset ala selebgram di youtube  atau pinterest.
  • Selain fitur ada juga alat yang dapat untuk mengembalikan pengaturan ke editan sebelumnya yaitu previous. Dan tombol reset untuk menghapus semua penyesuaian
  • Dan bila ingin export foto bisa anda lakukan dengan cara klik ikon share, lalu klik export.
  • Yang terakhir adalah menyimpan foto yang sudah anda edit. Anda bisa menyimpan foto kedalam perangkat. Caranya dengan klik ikon titik tiga yang berada di kanan atas, lalu pilih save to device. Lalu akan muncul dua pilihan untuk menyimpan gambar, yaitu highest available quality dan limit to 2048px. Pilihlah salah satu dan klik ok. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp